Monday, January 25, 2021

Manfaat Fisioterapi untuk Kesehatan, Apa Saja?

Written by

Tak semua jenis penyakit bisa disembuhkan hanya dengan konsumsi obat-obatan oral saja. Melainkan tak jarang diantaranya yang membutuhkan pengobatan yang lebih serius, seperti diantaranya adalah dengan operasi sampai dengan fisioterapi. Guna memulihkan kondisi tubuh yang bermasalah tersebut. Ada banyak sekali masalah kesehatan yang pada dasarnya tak cukup diobati menggunakan obat saja. Sebut saja diantaranya adalah stroke yang sering kali melumpuhkan penderitanya. Entah itu lumpuh sebagian atau secara total. Untuk bisa menjalani aktivitas sehari-hari lagi, hal ini harus didukung dengan terapi.

 

Terapi ini umumnya tersedia di rumah sakit, sehingga Anda tinggal konsultasi dengan dokter terkait dengan keluhan-keluhan yang dialami tersebut. Selanjutnya mengikuti prosedur yang memang diminta oleh dokter. Termasuk diantaranya ketika ingin menjalankan fisioterapi. Hanya saja sejalan dengan pandemi virus Corona ini ternyata banyak orang yang takut untuk datang ke fasilitas kesehatan secara langsung. karena memang resiko penularan penyakit Covid19 disana terbilang tinggi. Sehingga memutuskan untuk menjalani pengobatan di rumah.

Manfaat Fisioterapi untuk Kesehatan, Apa Saja
 

Tak perlu khawatir karena sekarang ini sudah tersedia layanan panggil dokter dan fisioterapis yang menawarkan layanan pengobatan di rumah. Sehingga tentunya akan jauh lebih praktis bagi Anda bukan. Karena tinggal membuat janji, maka nantinya tenaga fisioterapis inilah yang akan datang ke rumah. Berbicara mengenai fisioterapi sendiri, pada dasarnya prosedur medis yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat, yaitu:

 

  1. Memulihkan fungsi gerak tubuh, kegiatan fisioterapi ini berguna dalam memulihkan fungsi anggota gerak tubuh yang sebelumnya mengalami masalah. Sebut saja ketika Anda baru saja mengalami kecelakaan, kemudian mengalami kondisi patah tulang, biasanya gerak tubuh juga mengalami masalah, setelah sembuh harus tetap belajar untuk berjalan lagi, baru bisa melakukan aktivitas seperti dulu kala. Hal ini membutuhkan proses yang tidak instan.

  2. Mencegah terjadinya cacat secara permanen, pada penderita stroke mestinya, dimana tak jarang yang mengalami kelumpuhan sebagian, jika dibiarkan secara terus menerus, tanpa adanya fisioterapi. Maka bukan hal yang tidak mungkin pasien tersebut nantinya akan lumpuh selamanya. Karena memang tak ada bentuk latihan apapun yang dilakukannya. Sehingga otomatis anggota tubuh juga terus mengalami kemunduran.

  3. Mengurangi rasa sakit, bentuk-bentuk fisioterapi ini sangatlah beragam, termasuk diantaranya adalah dengan teknik pemijatan, pada atlet yang menderita cedera otot setelah latihan misalnya. Maka tindakan fisioterapi ini sendiri tentunya juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada area yang cedera tersebut.

  4. Meningkatkan kualitas hidup, dengan melakukan fisioterapi, sebenarnya juga membantu dalam meningkatkan kualitas hidup pasiennya. Seperti pasien stroke yang setelah serangan pertama tidak bisa melakukan apapun. Maka nantinya ketika sudah menjalani fisioterapi, lama kelamaan kemampuan tubuh mereka meningkat sehingga bisa melakukan beberapa aktivitas.

  5. Membuat tidur menjadi semakin nyenyak, beberapa orang dengan sakit punggung bawah memang menjadi kurang nyaman ketika berbaring. Sehingga tidak bisa tidur secara nyenyak, namun dengan tindakan fisioterapi ini sangat membantu untuk meredakan kondisi tersebut, sehingga tidur juga jadi semakin nyenyak.

 

Ada begitu banyak bukan manfaatnya, jadi jika seandainya Anda sudah mulai merasakan gejala yang kurang nyaman pada tubuh. Sudah konsumsi obat namun tak kunjung sembuh, maka coba tindakan yang satu ini. Apalagi juga bukan hal yang sulit untuk menemukan tempat fisioterapi yang bagus, begitu juga dengan layanan datang ke rumah.

No comments: