Friday, April 9, 2021

Terapi Skoliosis Mandiri di Rumah, Kenali Tata Caranya

Written by

Skoliosis merupakan kondisi anomali pertumbuhan tulang bagian belakang yang miring beberapa derajat ke samping. Kondisi ini memang membutuhkan penanganan khusus dan tiap rentang usia memiliki penanganan yang berbeda. Salah satu solusi dari kondisi ini adalah penggunaan brace skoliosis Indonesia, di mana pada usia pertumbuhan anak penggunaan brace skoliosis dapat membantu mengoreksi kelainan yang ada pada tulang.

Terapi Skoliosis Mandiri di Rumah, Kenali Tata Caranya

Namun beda ceritanya jika kondisi ini telah terlanjur terjadi pada tubuh orang dewasa karena terlambatnya deteksi dan penanganan. Apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak buruk dari kondisi tersebut? Simak tips sederhananya yang dapat Anda lakukan di rumah!

1.      Tetap lakukan konsultasi dengan dokter spesialis

Sesibuk apapun Anda, kesehatan tetaplah yang utama. Apalagi jika kondisi kelainan pada tulang bagian belakang sudah sampai tahap mempengaruhi efektivitas gerak sehingga menghambat kegiatan, pastinya sangat tidak nyaman, bukan? Luangkan waktu sejenak untuk melakukan pengecekan dan konsultasi lebih lanjut dengan ahlinya. Setelah mengetahui dengan pasti kondisi tubuh, kita akan lebih memahami langkah selajutnya yang dapat diambil guna mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan akibat skoliosis.

2.      Lakukan terapi fisik dengan metode Schroth

Pada skoliosis taraf ringan, aktivitas ini dapat dilakukan secara mandiri agar kelengkungan tulang bagian belakang berangsur normal dan seimbang. Fungsi utama dari tiap gerakan adalah mengembalikan keseimbangan otot tubuh, melatih pola pernafasan dan membiasakan diri dengan postur tubuh yang benar. Durasi latihan yang dapat diterapkan yakni antara 30 menit sampai 1 jam setiap harinya. Terdapat banyak pusat terapi yang bisa Anda kunjungi, namun jika Anda sudah memahami gerakan senam mana yang paling sesuai maka Anda dapat melanjutkannya secara mandiri di rumah.

3.      Lakukan senam yoga

Senam yoga dapat diandalkan dalam membantu mengurangi kondisi skoliosis. Tentu ada baiknya aktivitas ini ditemani oleh instruktur yoga yang paham betul dengan gerakan-gerakan yang aman untuk aAnda lakukan. Bantuan dari ahlinya terbilang cukup penting, karena meskipun yoga menjadi salah satu olahraga yang terbilang aman, namun gerakan yoga bisa jadi bumerang jika dilakukan secara asal. Senam yoga yang aman pastinya tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh skoliosis, namun juga akan membantu Anda menenangkan pikiran dan memperbaiki postur. Lakukan bersama teman agar suasana lebih ceria dan membawa aura positif untuk mempercepat proses penyembuhan.


Itu dia panduan sederhana untuk mengurangi dampak buruk dari kondisi skoliosis yang dapat dilakukan di rumah. Namun, tetap perlu diingat, penanganan dari ahli seperti pada klinik khusus skoliosis tentunya akan memberikan manfaat yang lebih besar dan tingkat kesembuhan yang lebih baik.

No comments: